TUGAS 2

Posted: Oktober 5, 2010 in Uncategorized

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas-aktivitas ekonomi…..?

I. Unsur aktivitas Kesehatan Lingkungan di sekitar

Di dalam lingkungan memiliki pengertian yang sangat luas dan beragam tergantung konteksnya. Kesehatan lingkungan pada dasarnya merupakan usaha untuk mengelola semua faktor yang ada pada lingkungan yang berkaitan dengan perkembangan fisik dan kesehatan sedemikian rupa sehingga derajat kesehatan dapat ditingkatkan. Secara umum, kesimpulan masyarakat terhadap kesehatan lingkungan adalah kebersihan lingkungan. Lingkungan sehat merupakan suatu perwujudan lingkungan yang memenuhi kaidah-kaidah kesehatan lingkungan dan kesehatan secara keseluruhan.

II. Unsur aktivitas Politik

Suatu kekuasaan yang berada dalam kehidupan untuk menjalani secara bersama. Sehingga kekuasaan itu digunakan untuk mengatur kehidupan bersama biasanya dapat berada pada peraturan perundang-undangan, dapat di lakukan hanya adanya suatu negara yang ada pemerintahanya, pengaruh untuk menjalankan aktivitas ekonomi sangatlah berpengaruh dan itu harus adanya partisipasi masyarakat dalam menghadapi suatu perkembangan politik di masa-masa kini sehingga berperan sebagai penunjang aktivitas ekonomi.

III. Unsur aktivitas Teknologi

Perkembangan teknologi sangatlah berperan dan memiliki peranan yang cukup besar pengaruhnya, yaitu suatu alat penggerak untuk menjalankan kegiatan dalam bidang komunikasi maupun informasi yang berguna sebagai pendorong unsur ekonomi yang seiring berkembangnya alat-alat canggih sehingga persaingan dalam bidang Teknologi dan informasi menjadi suatu kompetisi yang seakan tidak bisa di remahkan lagi.

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial? Jelaskan!

Jawab :

Perusahaan : adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

Lembaga Sosial : adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Penjelasannya yang membedakan antara Perusahaan dengan Lembaga Sosial dari sisi badan usahanya untuk Perusahaan hanya untuk kepentingan di dalam sektor Perusahaannya itu sendiri, sedangkan Lembaga Sosial untuk kepentingan bersama sehingga dapat melakukan usahanya dengan menciptakan keteraturan dalam kegiatan-kegiatan anggaota masyarakat.

3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan? Jelaskan!

Jawab :

Letak Perusahaan :

Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhinya :

  1. Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam

Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia; misalkan, usaha pertanian dan pertambangan.

  1. Letak Perusahaan yang Dipengaruhi oleh  Ekonomi

a. Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen.
b. Dekat dengan pasar
Di sini perusahaan sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen.
Contoh : pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi.
c. Dekat dengan pemasuk tenaga kerja
Bagi perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja bukan ahli, cenderung memperhatikan agar dekat dengan tenaga kerja tersebut.
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
d. Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
e. I k l i m
Suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara yang tertentu.
Contoh : pabrik teh, pemintalan kapas, industri jamur.

Tempat Perusahaan.

Lokasi/tempat Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik. Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhinya :

Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
– Letak dari pasar konsumen
– Ketersediaan tenaga kerja
– Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
– Ketersediaan energi

4. Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha! Jelaskan dengan contoh !

Jawab :

Lingkungan Eksternal Mikro

Adalah lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. Sehingga pelaku dan kekuatan yang dekat dengan perusahaan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan Dalam melayani pelanggan, internal perusahaan itu sendiri, perusahaan saluran pemasaran, pasar pelanggan, dan masyarakat luas.

Contoh:

Sebuah perusahaan dikatakan membuat sebuah keuntungan ekonomi ketika average total cost lebih rendah dari setiap produk tambahan pada keluaran maksimalisasi keuntungan. Keuntungan ekonomi adalah setara dengan kuantitas keluaran dikali dengan perbedaan antara average total cost dan harga.

Lingkungan Eksternal Makro

Adalah lingkungan yang mempengaruhi banyak rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Harga, Tenaga Kerja dan pencapaian Keseimbangan Neraca yang berkesinambungan.

Contoh :

inflasi

Inflasi adalah masalah yang dihadapi oleh tiap negara, masalah ini dikaitkan dengan adanya kenaikan harga, karena harga adalah indikator awal penentu inflasi. Inflasi sendiri adalah keadaan dimana terdapat kecenderungan kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus. Maka bila di masyarakat terjadi kenaikan harga satu atau beberapa barang secara sementara, maka hal itu tidak dapat digolongkan sebagai inflasi, meskipun inflasi tidak secara langsung menurunkan standar hidup

Pengangguran

Pengangguran biasanya terjadi karena jumlah angkatan kerja melebihi tingkat kesempatan kerja yang tersedia. Di negara-negara yang sedang berkembang tingkat pertumbuhan angkatan kerja cukup tinggi, sehingga tidak seimbang dengan lapangan kerja yang tersedia.
Berdasarkan tingkat pengangguran, dapat diketahui apakah perekonomian berada pada tingkat kerja penuh (full employment) atau tidak. Secara teoritis perekonomian dianggap mencapai tingkat kesempatan kerja penuh jika tenaga kerja yang tersedia seluruhnya.

Pendapatan nasional

Pada konteks ekonomi makro, tolak ukur keberhasilan perekonomian suatu negara anatara lain adalah pendapatan nasional. Definisi pendapatan nasional sendiri ada 3 yaitu :
• jumlah barang-barang jasa yang diproduksi di suatu negara pada periode tertentu.
• Jumlah balas dan jasa dari faktor-faktor produksi dalam periode tertentu
• jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s