MEMBENTUK KARAKTER PEMUDA DI ERA GLOBALISASI

Posted: November 10, 2010 in Uncategorized

Era Globalisasi yang membuat negara semakin tanpa batas telah mempengaruhi aspek kehidupan. Baik itu jati diri, karakter dan interaksi global. Persaingan terbuka memicu manusia-manusia di dunia memperbaiki kompetisinya. Di sisi lain, derasnya arus informasinya berakses paad potensi mengikis karakter dan nilai-nilai suatu bangsa.

Peringatan sumpah pemuda ke-82 di tahun ini, jadi momentum untuk mempengaruhi nilai luhur, nasionalisme dan patriotik yang telah di rasakan oleh pahlawan-pahlawan kita yang terdahulu.

Nilai-nilai yang dipegang oleh para pemuda pelopor kebangkitan Indonesia kala itu, masih relevan di hidupi zaman ini. Masih layak di aktualisasikan di tengah era globalisasi.

Salah satunya rasa Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa adalah Indonesia. Momentum peringatan hari Sumpah Pemuda ke-82 pada tahun ini dimaknai dengan upaya pengembangan karakter bangsa yang di landasi nilai-nilai kebangsaan yang baik untuk mewujudkan peradaban bangsa Indonesia yang unggul.

Tujuan mawariskan nilai-nilai, jiwa dan semangat Sumpah Pemuda. Menumbuh kembangkan karakter dan mengembangkan jati diri bangsa. Mendorong pemuda sebagai semangat kebangsaan dalam kebhinekaan . memacu pemuda sebagai pelopor penegak kesatuan nagara Indonesia.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, Kementrian Pemuda Olahraga mengangkat tema “Bangun Karakter Pemuda demi Bangsa indonesia yang Mju dan Bermartabat”.

Hal itu bersinergi dengan sasaran dan tantangan zaman ini, yaitu perlunya mengasah diri supaya unggul. Meningkatkan daya saing pemuda yang berkarakter kebangsaan, terbngunya rasa kebersamaan, persaudaraan dalam bermasyarakat dan bernegara.

“tema ini di pilih agar pemuda dapat terus mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Bila dulu pemuda bersepakat membentuk negara kesatuan Indonesia, saat ini tugasnya adalah mengisi pembangunan . hal itu sama-sama penting bagi Indonesia karena ada benag merahnya ,”ungkap menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora)”Andi Alifian Mallarangeng.

Karakter menbangun yang di maksud adalah pemuda yang mampu menghadapi tantangan di era globalisasi, banyak godaan negatif, dan membakar kembali semangat Nasionalisme  yang mulai pudar.”Pemuda-pemuda Indonesia kelak dapat berkonsentrasi pada presentasidan peduli dengan masyarakat dan negaranya.

Puncak acara peringatan hari Sumpah Pemuda akan di tempatkan dilapanagn manahan solo pada tanggal 28 Oktober 2010 berupa seremoni upacara bendera dengan khitmat yang akan di hadiri Wakil Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Boediono.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s